Benarkah Jalan Trans Papua Tidak Ada Progres?

Pertanyaan: Saya membaca di banyak situs berita kalau jalan Trans Papua proyek bohong. Katanya tidak ada bentuk fisik jalan tersebut, Kompas berbohong dengan datanya. Benarkah?

Jawaban: Tidak benar, bukan hanya Kompas saja. Detik juga memuat data bahwa Trans Papua sudah terbangun 3.851,93 km pada tahun 2016. Kemungkinan data yang digunakan untuk mengklaim hanya 231 km jalan terbangun adalah rentang data 2016 saja atau 2015 saja. Untuk tahun 2017 ini, ditargetkan 143,35 km jalan baru akan dibangun, sehingga total yang akan tembus menjadi 3.995,28 km. Ini berarti sisa jalan yang belum tembus sepanjang 334,79 km akan dirampungkan hingga 2019.

Silakan baca artikelnya di sini: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3415391/jalan-trans-papua-3995-km-bakal-rampung-di-2017

Pertanyaan: Seperti apa perencanaan panjang jalan yang akan dibangun dari tahun ke tahun?

Jawaban: Berikut rincian panjang jalan yang akan dibangun tiap tahun berikut anggarannya:

  • 2015 akan dialokasikan dana Rp 2,449 triliun untuk membangun 1,33 km jembatan dan 279 km jalan.
  • 2016 akan dialokasikan dana Rp 3,553 triliun untuk membangun 3,046 km jembatan dan 209 km jalan.
  • 2017 akan dialokasikan dana Rp 3,409 triliun untuk membangun 2,82 km jembatan dan 206 km jalan.
  • 2018 akan dialokasikan dana Rp 2,124 triliun untuk membangun 1,562 km jembatan dan 164 km jalan
  • 2019 akan dialokasikan dan Rp 997 miliar untuk membangun 1,25 km jembatan dan 33 km jalan.

Sumber info bisa dilihat di link berikut: http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/2918734/butuh-rp-125-t-lagi-trans-papua-akan-diaspal-dan-punya-lebar-9-meter

Pertanyaan: Apa saja daerah yang akan dilewati oleh jalan Trans Papua ini?

Jawaban: Untuk Provinsi Papua, jalur ini akan melewati Jayapura-Wamena-Mulia, Jayapura-Sarmi, Jayapura-Hamadi-Holtekamp-Perbatasan Papua Nugini, Merauke-Waropko, Timika-Mapurujaya-Pomako, Nabire-Waghete-Enarotali, dan Serui-Menawi-Subeba.

Sementara untuk Papua Barat, jalur ini akan melewati Manowari-Sorong, Manokwari-Bintuni, Fakfak-Hurimber-Bomberay, dan Sorong-Mega.

Silakan baca artikelnya di sini: https://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/2911176/proyek-jalan-trans-papua-masih-putus-putus

Pertanyaan: Apa buktinya project ini benar ada?

Jawaban: Situs detik pernah mengulas rangkaian perjalanan menjelajahi jalan Trans Papua, berikut catatan perjalanannya:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3426975/sehari-menjajal-jalan-trans-papua-yang-menembus-gunung

Berikut beberapa foto hasil capture dari beberapa situs yang memperlihatkan pembangunan jalan sedang terjadi:

Screen Shot 2017-05-01 at 9.46.50 AM.png

Screen Shot 2017-05-01 at 9.51.26 AM.png

Screen Shot 2017-05-01 at 9.52.46 AM.png

Pertanyaan: Adakah bukti-bukti fisik lain yang memperlihatkan project ini benar adanya?

Jawaban: Salah satunya yang sangat signifikan adalah jembatan terpanjang Papua, Holtekamp, sepanjang 733 meter yang menghubungkan Hamadi di Distrik Jayapura Selatan dengan Holtekamp di di Distrik Muara Tami.

Screen Shot 2017-05-01 at 9.42.45 AM.png
Progress Jembatan Holtekamp, dicapture dari situs Katadata

Silakan baca informasi lengkapnya di sini: http://katadata.co.id/berita/2016/09/06/di-luar-prediksi-jembatan-holtekamp-papua-rampung-40-persen

 

Be the first to comment

Leave a Reply