Hoax: Benarkah Jokowi Rapat Pimpinan dengan Jendral Tanpa Melibatkan Panglima TNI?

Pertanyaan: Saya mendapat isu kalau Jokowi tidak lagi percaya dengan panglima TNI Gatot Nurmantyo dan mengajak rapat para jendral tanpa kehadiran beliau. Bahkan mengaitkan suasana ini dengan memori G30S/PKI. Benarkah?

1

Jawaban: Tidak benar. Presiden sekedar memanggil jendral-jendral tersebut karena ada kenaikan pangkat. Tujuannya adalah berkenalan dengan para jendral baru. Tidak ada rapat pimpinan yang digelar, karena itu tidak perlu ada kecurigaan bahwa presiden tidak lagi percaya kepada Panglima TNI.

Pemanggilan para perwira tinggi baru ini dilakukan pada tanggal 13 Februari 2017, dan hoax mengenai Jokowi tidak menyertakan Panglima TNI Gatot Nurmantyo sudah dibantah oleh Mabes TNI.

Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi berita bantahannya di:

https://www.merdeka.com/peristiwa/mabes-tni-luruskan-hoax-jokowi-para-jenderal-rapat-tanpa-panglima.html

Pertanyaan: Lalu kapan rapim TNI dilakukan?

Jawaban: Rapat Pimpinan TNI pertama pada tahun 2017 dilakukan pada tanggal 16 Februari 2017. Dalam rapat ini Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan para Kepala Staf TNI. Rapat Pimpinan diadakan di Gedung Gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Berikut screenshot dari situs Tempo yang mengabadikan Jokowi saat berjalan ke arah Gedung Gatot Subroto menggunakan panser amfibi melewati Danau Mabes TNI di Cilangkap.

Screen Shot 2017-05-03 at 9.44.23 AM.png

Dan ini adalah foto Jokowi bersama Jendral Gatot Nurmantyo di acara Rapim 2017, discreenshot dari situs Liputan6:

2

Info mengenai Rapim Pertama TNI 2017 bisa diakses di berita berikut ini:

Be the first to comment

Leave a Reply