HOAX: Benarkah Jokowi Salat di Klenteng?

Pertanyaan: Saya melihat orang-orang di Facebook menuding Jokowi salat di Klenteng berwarna merah saat kunjungan ke Repubik Rakyat Cina. Benarkah?

klenten

Jawaban: Hoax dan hasil pelintiran. Pada tanggal 14 Mei 2017, Jokowi salat di salah satu masjid di Cina yang memang (seharusnya) berornamen tradisional Cina, karena masjid itu memang ada di Cina. Seperti juga jika berkunjung ke Turki maka ornamennya khas Turki, dan kalau masjid di Arab arsitekturnya juga khas Arab. Tidak ada yang aneh dari itu.

Sumber:

https://kumparan.com/nurul-hidayati/presiden-jokowi-salat-2-rakaat-di-masjid-niujie-beijing

http://news.liputan6.com/read/2949845/jokowi-akan-kunjungi-masjid-tertua-di-tiongkok

Pertanyaan: Jika benar itu masjid bukan klenteng, apa nama masjid itu dan di mana letaknya?

Jawaban: Masjid tersebut bernama Masjid Niujie Beijing, China. Masjid ini adalah salah satu yang tertua di China, dibangun pada tahun 996 Masehi. Alamatnya di 18 Cow Street, Xuanwu District, Beijing. Berikut posisinya di Google Map:

Screen Shot 2017-05-16 at 9.26.38 PM.png

Pertanyaan: Memangnya di Cina ada masjid ya? Bukankah itu negeri komunis?

Jawaban: Tentu saja ada muslim di Cina, saat ini jumlahnya cukup signifikan, mencapai 23 juta orang. Di Beijing saja terdapat 70 masjid dan 23.000 masjid di Republik Rakyat Cina secara keseluruhan. Relasi budaya islam antara Indonesia dan Cina juga sudah terjalin sejak abad 15.

Sumber:

https://nasional.tempo.co/read/news/2017/05/14/078875206/jokowi-kaget-jumlah-masjid-di-cina-mencapai-23-ribu-unit

Be the first to comment

Leave a Reply