Benarkah Foto Jokowi di Raja Ampat Tempelan?

Pertanyaan: Saya mendapat pertanyaan dari fanspage Jonru di Facebook yang mempertanyakan arah cahaya foto Jokowi di Raja Ampat. Benarkah foto tersebut produk Photoshop?

foto.jpg

Jawaban: Hoax. Foto dengan cahaya ambigu tersebut bisa dengan mudah diciptakan dengan menggunakan flash. Tapi kita harap maklum saja, Jonru tampaknya belum mengenal teknologi flash di masa hidupnya.

Pertanyaan: Bagaimana penjelasannya kok bisa arah cahayanya tidak logis begitu?

terjonru

Jawaban: Flash, atau lebih populer disebut blitz, walaupun superior membantu pencahayaan dari sebuah foto, sebenarnya memiliki kelemahan daya jangkau. Hanya beberapa meter yang akan terlihat sangat terpengaruh oleh cahaya ini, dan biasanya yang terjangkau itu hanya objek orang yang difoto. Sementara bagian background tetap dengan cahaya alami (cahaya matahari untuk objek jarak jauh sulit dikalahkan oleh sinar flash/blitz)

Arah dari cahaya blitz adalah dari kamera (pemotret), sementara arah cahaya langit pagi hari adalah dari belakang punggung objek orang yang dipotret. Sehingga wajar terjadi kekacauan (tidak logis)nya arah cahaya, walaupun sekilas foto tersebut bagus karena terang semua.

Pertanyaan: Kenapa harus pakai flash/blitz kalau sudah tahu hasil cahayanya kemudian akan jadi tidak logis?

Jawaban: Teknik menggunakan flash/blitz adalah hal yang sering digunakan fotografer untuk mengurangi efek backlight. Bisa saja sang fotografer tidak menggunakan flash, namun foto yang dihasilkan akan berbentuk siluet, karena cahaya yang jatuh ke muka objek tak cukup kuat dibandingkan cahaya matahari yang datang dari background.

Sekedar informasi, sebenarnya ada dua versi foto tersebut yang dibuat oleh Agus Suparto, yang bisa membandingkan hasil foto dengan atau tanpa flash/blitz.

jokowi

Screen Shot 2016-01-01 at 1.30.47 PM

Pertanyaan: Dari mana saya bisa mendapat penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini?

Jawaban: Silakan kunjungi link berikut:

http://www.dream.co.id/lifestyle/foto-jokowi-dan-keindahan-fajar-di-papua-banjir-pujian-160101j.html

http://news.liputan6.com/read/2402229/gaya-jokowi-nikmati-sunrise-perdana-2016-di-raja-ampat

Update: Karena sudah dijelaskan oleh banyak netizen, Jonru menarik tuduhan tersebut dan minta maaf. Sumber bisa dibaca di sini:

http://www.harianindo.com/2016/01/02/67009/sempat-menduga-foto-jokowi-rekayasa-jonru-minta-maaf/

Be the first to comment

Leave a Reply