Mundur dengan Hormat, Ahok dapat pensiun Rp 10 juta/bulan

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri , Sumarsono memastikan, Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan mendapatkan dana pensiun setelah resmi mengundurkan diri.

Soni, sapaan akrab Sumarsono, menambahkan besaran yang pensiun yang akan diterima Ahok setiap bulannya tidak lebih dari Rp 10 juta.

“Kalau mengundurkan diri, SK keluar, ya dapat pensiun. Tapi pensiun kan sebagai kepala daerah, kecil itu. Ga besar, ga sampe Rp10 juta,” ujar Soni di Balaikota Jakarta, Jumat (26/5/2017)

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, tidak semua kepala daerah mendapatkan dana pensiun.

Dana pensiun diberikan bagi kepala daerah yang menyudahi kepemimpinannya dengan status terhormat. Soni mengatakan pensiun tidak akan diberikan bagi kepala daerah yang terjaring operasi tangkap tangan kasus korupsi.

“Kalau mengundurkan diri, berarti dengan hormat. Kalau kasus OTT korupsi itu, pemberhentian tidak hormat,” imbuh Soni.

Sebelumnya, Ahok telah berkirim surat ke presiden terkait pengunduran dirinya dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Saat ini Ahok berada di tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Ahok dinyatakan bersalah melakukan tindak penodaan agama dan divonis dengan hukuman 2 tahun penjara.

Be the first to comment

Leave a Reply