Jokowi: Saya Indonesia, Saya Pancasila!

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Unit Kerja Presiden dalam pembinaan ideologi Pancasila‎ melalui Perpres Nomor 54 Tahun 2017. ‎Adapun lembaga baru ini merupakan perpanjangan tangan Kepala Negara agar bersama seluruh komponen bangsa memperkuat pengamalan Pancasila yang menjadi bagian integral dari pembangunan ekonomi, sosial, politik, dan kebudayaan.

“Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu membangun menggapai cita-cita bangsa sesuai Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati dan pikiran, mengerahkan waktu dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan kita,” kata Jokowi saat memimpin upacara hari lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Jokowi melanjutkan,‎ tidak juga ada pilihan lain kecuali seluruh elemen bangsa harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun dan berjiwa gotong royong serta toleran. “Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, bangsa yang makmur dan bermartabat di mata internasional,” terangnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta seluruh elemen masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sesuai dengan Pancasila. Ia menegaskan, pemerintah pasti akan bertindak tegas organisasi dan gerakan yang anti-Pancasila serta anti-UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

“Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas dilarang di bumi Indonesia,” tegasnya.

Jokowi juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjaga perdamaian dan persatuan hingga persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air. Sebab, sikap santun, saling menghormati, dan gotong royong tersebut guna terwujudnya kemajuan Indonesia.

“Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply