Waras: Pancasila Intisari Peradaban Indonesia

Bandung, Hari ini, Kamis (1/6) bangsa Indonesia memeringati Hari Lahir Pancasila ke-72. Peringatan ini merupakan yang pertama kali sejak Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Terkait hal tersebut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat, Waras Wasisto mengungkapkan bahwa Pancasila itu adalah intisari peradaban Indonesia. Pancasila, menurutnya adalah fondasi kebangsaan Indonesia yang menopang keberagaman manusia dan kebudayaannya.

“Pancasila itu hanya bisa hidup dalam syarat mutlak kesadaran akan perbedaan yang Bhinneka Tunggal Ika,” kata Waras kepada RMOLJabar, Kamis(1/6).

Ia menilai, tanpa Pancasila, tidak ada NKRI dan Indonesia pastinya terpecah-belah berdasarkan pulau atau etnik atau agama.

Waras menegaskan menyangkal Pancasila apalagi menolaknya adalah kejahatan terhadap peradaban sebagai bangsa, sebuah identitas imajiner yang rapuh dan rentan.

“Dengan Pancasila kita kuat dan kita kuat karena Pancasila. Mari merayakan kelahiran Pancasila sebagai ideologi negara dan perekat kebangsaan kita!! Mengamalkannya agar kita menjadi bangsa yang paripurna!,” tandas Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply