40 Persen bus tak laik jalan, pemudik diimbau pilih bus berstiker



Merdeka.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik yang akan menggunakan bus pada saat mudik lebaran agar menggunakan bis yang sudah berstiker laik jalan. Sejauh ini, hasil ramp check menunjukkan 40 persen bus tidak laik jalan.

“Saya mengimbau kepada pemudik, naiklah bus yang ada stiker laik jalan karena bus yang berstiker itu sudah melalui ramp check oleh petugas-petugas kita dari tingkat pusat hingga tingkat daerah,” ujar menhub seperti dikutip dari laman dephub, Senin (12/6).

Menhub Budi menegaskan, bus yang laik jalan diberikan tanda stiker laik jalan yang ditempel pada kaca depan bagian bus.

“Ramp check itu sangat penting, seperti tadi ada satu bus yang tidak lulus ramp check karena kaca depannya pecah, olinya bocor, remnya diikat dengan karet, jadi kalau dia nikung sedikit pasti akan lepas. Sudah pasti yang seperti ini keselamatannya tidak terjamin dan sangat membahayakan penumpang,” tambah menhub.

Guna memastikan keamanan, menhub juga akan mengeluarkan perintah untuk melarang bus tak berstiker beroperasi. “Saya akan melarang bus-bus yang tidak berstiker untuk beroperasi karena beresiko pada keselamatan,” tegas Menhub Budi.

[bim]



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply