Benarkah Jokowi Hapus Perda Islami? – Jawaban atas Fitnah kepada Jokowi


Pertanyaan: Saya membaca info katanya Jokowi menghapus perda-perda yang berbau Islam. Benarkah?

Jawaban: Hoax ini terjadi pada tahun 2016. Pada waktu itu yang dihapus oleh pemerintah adalah perda-perda yang menghalangi kemudahan usaha dan investasi, bukan karena berkaitan dengan agama tertentu. Hal ini telah diklarifikasi oleh Menteri Dalam Negeri.

“Ini semua soal investasi. Kita ga urus perda yang bernuansa syariat Islam. Ini untuk amankan paket kebijakan ekonomi pemerintah,” ungkap Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, pada hari Rabu, 15 Juni 2016.

Andaipun bila harus mendalami perda-perda yang cenderung intoleran atau diskriminatif serta berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat, Kemendagri akan mengundang organisasi keagamaan. Tujuannya untuk menyelaraskan regulasi, apalagi untuk daerah otonomi khusus.

Sementara bagi daerah seperti Aceh, syariat Islam tetap bisa berlaku. “Misalnya, Aceh mau terapkan syariat Islam di daerahnya, itu boleh. Namun penerapan di sana, mau diterapkan juga di Jakarta, tentu tidak bisa,” kata Tjahjo. Ia juga memastikan tidak ada peraturan daerah (Perda) bernuansa syariat Islam yang masuk dalam deregulasi 3.143 perda

Sumber:

http://www.kemendagri.go.id/news/2016/06/15/mendagri-tidak-ada-perda-bernuansa-islam-dihapus


https://news.detik.com/berita/3234905/mendagri-tidak-ada-penghapusan-perda-syariat-islam



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply