Iran kirim kapal perang buat bantu Qatar



Merdeka.com – Angkatan Laut Iran menyebutkan telah mengirimkan dua kapal perangnya ke Oman. Kapal ini telah dikerahkan, Minggu (11/6). Pengerahan ini diduga sebagai dukungan pasca krisis diplomatik di Qatar.

“Sebuah armada Angkatan Laut Iran telah berangkat ke Oman pada Minggu dan akan berlayar ke bagian utara Samudra Hindia dan Teluk Aden,” tutur Angkatan Laut Iran dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan kantor berita Tasnim, dilansir CNN, Senin (12/6).

Selain memberi bantuan armada, Iran juga mengirimkan lima pesawat penuh makanan. Pesawat mereka itu berisi sayur-sayuran dan 100 ton bibit buah segar dan kacang polong setiap hari untuk negara yang bergantung pada impor.

“Sejauh ini, lima pesawat pembawa sayur telah dikirim ke Qatar, masing-masing pesawat membawa sekitar 90 ton kargo, sementara yang lainnya akan dikirim hari ini,” ujar Juru Bicara Iran Air Shahrokh Noushabadi.

“Kami akan melanjutkan pengiriman ini selama permintaan masih dilakukan,” sambungnya.

Pekan lalu, Arab Saudi dan beberapa negara Liga Arab memutuskan hubungan dengan Qatar. Mereka menuding Doha mendukung dan membiayai terorisme di Timur Tengah. Namun, Qatar mengatakan tudingan tersebut tak beralasan.

Tak hanya memutuskan hubungan diplomatik, Saudi cs juga memotong akses jalur udara dan laut dengan Doha. Saudi, Bahrain dan Uni Emirat Arab juga meminta warga Qatar meninggalkan negara itu dalam waktu 14 hari. [ary]



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply