Melihat Blusukan Presiden Jokowi Lewat Peta


 

sumber : screenshot

Presiden Jokowi terkenal dengan blusukannya. Semenjak menjadi Walikota Solo Jokowi sudah menerapkan sistem blusukan untuk mengetahui atau mengukur sejauh mana pekerjaan telah diselesaikan. Atau bagaimana menyerap aspirasi masyarakat yang beliau kunjungi. Bahkan ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta pun Jokowi tetap menerapkan blusukan untuk mengetahui kinerja bawahannya. Dan kini setelah menjadi Presiden Republik Indonesia, blusukan tetap tidak ditinggalkan oleh Jokowi.

Kebiasaan Presiden Jokowi ini membuat kagum kawan mau pun lawan. Presiden Jokowi tidak mau menerima informasi mentah-mentah dari bawahannya, beliau harus melihat sendiri progress dari proyek yang telah dia limpahkan. Bahkan untuk sebuah proyek vital, Presiden Jokowi harus berkali-kali meninjau proyek tersebut. Karena Presiden Jokowi harus memastikan proyek tersebut akan selesai tepat pada waktunya.

Tidak pernah ada Presiden Republik Indonesia yang berkunjung ke daerah-daerah sesering Presiden Jokowi. Bahkan dalam satu bulan Presiden bisa melakukan kunjungan ke beberapa daerah. Bahkan Presiden sering berkunjung ke Papua untuk melihat progress pengerjaan Trans Papua. Trans Papua merupakan pembangunan infrastruktur untuk membuka isolasi daerah-daerah terpencil di Papua. Dan juga untuk mempermudah penyediaan logistik bagi masyarakat Papua. Sehingga harga-harga pangan serta keperluan lainnya menjadi murah.

Tentu sebagai rakyat Indonesia kita ingin tahu selama menjadi Presiden Republik Indonesia, Jokowi sudah berkunjung kemana saja, dan kapan kunjungan tersebut dilakukan. Kalau kita menelusuri portal-portal berita di jagat maya tentu akan memakan waktu yang tidak sedikit. Dan kini kita bisa ikut serta blusukan bersama Jokowi melalui situs PresidenRI.go.id. apa yang bisa temukan di sana?

Ketika kita berkunjung ke sana, kita akan melihat deretan angka-angka dan drop pin di atas peta Indonesia. Kalau kita mengklik angka yang ada kita akan dibawa ke peta Indonesia yang penuh dengan drop pin yang berjajar di sepanjang peta Indonesia.

Kalau kita ingin mengetahui apa yang Presiden Jokowi lakukan, kita tinggal mengklik drop pin di posisi dimana kita ingin mengetahui apa yang telah Presiden Jokowi lakukan di sana.

Misalnya kita ingin melihat apa yang telah Presiden lakukan di pulau Papua. Kita tinggal mengklik drop pin di atas pulau Papua, maka akan muncul informasi apa yang telah Presiden Jokowi lakukan di sana. Ketika saya mengklik salah satu drop pin yang ada di atas Pulau Papua, muncul berita BBM Satu harga di Papua. Ternyata pada saat itu hari Selasa (18/10/16) Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mencanangkan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga saat meresmikan Bandar Udara Nop Goliat Dekai, Yahukimo, Provinsi Papua. Dalam kesempatan ini Presiden melihat langsung pesawat pengangkut BBM Air Tractor AT-802 yang sedang mendarat di bandara tersebut.

Kalau kita ingin mengetahui apa yang telah Jokowi lakukan di tempat lain, kita juga tinggal mengklik drop pin di tempat di mana yang ingin kita ketahui. Dan kini saya mencoba mengklik drop pin yang berada di pulau Sumatra paling ujung. Maka akan terlihat judul Canangkan Gerakan Nasional “Ayo Kerja” Mulai dari Titik Nol Indonesia, dan kita akan membaca sebuah berita Presiden Jokowi yang mencanangkan Gerakan Nasional Ayo Kerja dari Titik Nol Indonesia.

“Hari ini saya berdiri di titik nol kilometer Indonesia, titik ujung barat Indonesia, saya canangkan tepat di nol kilometer Indonesia, di Kota Sabang dan rencananya akan berakhir di Merauke ujung timur Indonesia waktu berikutnya,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Di peta tersebut kita juga akan menemui tanda gambar manusia seperti yang ada pada Google Street View. Jika kita menarik gambar manusia itu ke drop pin yang ada, maka kita akan disajikan sebuah gambar 360 derajat yang dapat kita putar untuk dapat melihat secara berkeliling serta kita dapat melihat daerah tersebut seperti di Google Street View. Dan setelah saya cek di Google Map, ternyata ikon tersebut memang berfungsi sebagai Google Street View.

Tentu dengan adanya peta digital ini kita semakin tahu apa saja yang telah Presiden Jokowi lakukan selama masa pemerintahannya ini. Dan kita menjadi lebih mudah mengetahui kapan dan kemana saja Presiden Jokowi telah berkunjung tanpa harus mengobrak-abrik portal berita untuk mencari sesuatu yang ingin kita ketahui.

Selamat blusukan bersama Presiden Jokowi via peta digital.



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply