Menhan mengaku punya data jumlah ISIS di Filipina capai 1.200 orang



Merdeka.com – Beberapa waktu lalu Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu menjadi pembicara forum diskusi mengenai keamanan dan pertahanan di Singapura. Dalam pertemuan tersebut Ryamizard menyebut ada 1.200 anggota pejuang Islamic State in Iraq and Syria (ISIS) yang ada di Filipina Selatan.

Ryamizard mengaku itu sesuai dengan data yang dia punya. “Iya (1.200 ISIS di Filipina). Ada datanya semua dengan saya. Tapi enggak boleh disebutkan,” katanya saat ditemui di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (12/6).

Dia mengaku khawatir para pejuang ISIS hijrah ke Indonesia dan melakukan pemberontakan seperti dilakukan di Filipina. “Satu setengah tahun lalu saya (sudah) ngomong, omongan saya itu pasti bukan sembarangan,” katanya.

Sebelumnya Menkopolhukam Wiranto mengatakan Indonesia tetap harus waspada. Saat ini Kota Marawi sudah diserang oleh tentara Filipina. Jangan sampai para militan itu kembali melompat ke Indonesia.

“Kita sudah mengambil langkah-langkah penguatan perbatasan dengan patroli maritim dan penguatan aparat teritorial di wilayah aparat kepolisan serta aparat pemda,” kata Wiranto. [noe]



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply