3 ABG di Lampung Merampok Travel Lalu Bunuh Sopirnya







Jakarta – Tiga ABG (anak baru gede) di Lampung melakukan aksi perampokan sadis yang menewaskan sopir travel, Abdurahman (47). Aksi ketiganya terungkap setelah mobil travel yang dirampoknya mengalami kecelakaan.

Aksi perampokan sadis itu terungkap setelah warga menyelamatkan Rudi Hartanto (26) di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan pada Minggu (11/6) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat ditemukan, korban mengalami luka-luka.

“Korban menjelaskan bahwa dirinya dan saudaranya, Abdurahman, bekerja sebagai sopir dan sopir cadangan sebuah mobil travel Avanza BG 1125 KE, kemudian dirampok oleh 3 orang,” jelas Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno kepada detikcom, Selasa (13/6/2017) malam.

Ketika dirampok oleh para pelaku, Rudi berhasil meloloskan diri dengan cara melompat keluar dari mobil. Sementara saudaranya, Abdurahman, dibawa kabur oleh ketiga pelaku bersama dengan mobil Avanza yang dikemudikannya, ke arah Metro, Lampung.

Atas keterangan Rudi itu, aparat Polsek Jatiagung berkoordinasi dengan Polsek Natar dan Polres Metro. Saat melakukan pengejaran, polisi kemudian mendapatkan informasi terkait adanya peristiwa kecelakaan tunggal mobil Avanza di Jl Flamboyan, Mulyojati, Metro Barat, dengan ciri-ciri yang dicurigai.

“Ada seorang ibu melaporkan, bahwa ketika kecelakaan terjadi, mobil tersebut ditinggal kabur oleh tiga orang remaja tanggung,” ungkapnya.

Mendapat laporan tersebut, Polres Metro kemudian merapat ke lokasi. Dan benar saja, mobil yang mengalami kecelakaan tersebut adalah mobil korban perampokan.

“Setelah dilakukan pengecekan, di dalam mobil tersebut ditemukan mayat atas nama Abdurrahman dengan 11 luka tusukan di bagian leher, dada dan kepala,” lanjutnya.

Tim gabungan Polres Lampung Selatan, Polsek Natar dan Polsek Jatiagung kemudian berkoordinasi dengan Polres Metro dan Polsek Metro Barat untuk mengejar ketiga pelaku. Tidak sampai 24 jam, atau sekitar pukul 06.00 WIB, polisi berhasil mengangkap ketiga pelaku di depan Charly Karaoke, Jl Sudirman, Metro, Lampung.

“Ketiga pelaku ternyata masih ABG. Dua di antaranya masih berusia di bawah umur,” cetusnya.

Ketiga pelaku berinisial IS (17), HC (16) dan ES (18). Ketiganya berstatus sebagai pelajar warga Ogan Komering Ilir (OKI).

“Setelah diinterogasi, mereka mengakui telah membunuh Abdurahman di Jatiagung, Lampung Selatan,” lanjutnnya.

Ketiganya kemudian diamankan di Polres Metro. Sementara dari ketiga pelaku, polisi menyita mobil Toyota Avanza Veloz serta 2 bilah badik dan pisau yang digunakan untuk membunuh korban.

Meski dua pelaku masih di bawah umur, namun proses hukum masih berlanjut. “Kita tangani pidana sebagaimana aturan atas perbuatannya, hanya yang masih di bawah umur, sementara kita coba (lakukan penahanan) di sel terpisah,”sambungnya.

Untuk dua pelaku yang masih di bawah umur, Sudjarno mengatakan, pihaknya menangani dengan diversi. “Kita percepat berkasnya karena kita hanya punya waktu 10 hari dan harus segera dilimpahkan ke kejaksaan,” tutupnya.

(mei/bag)



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply