4 Kebijakan pemerintah Jokowi ini jadi perhatian dunia



Merdeka.com – BPJS Ketenagakerjaan mendapat perhatian dari badan pemerhati jaminan sosial dunia yang tergabung dalam International Social Security Association (ISSA), Organization of Economic Co-operation and Development (OECD), dan Kementerian Tenaga Kerja Jerman terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pekerja rentan dan pekerja jenis ekonomi baru berbasis teknologi digital.

BPJS Ketenagakerjaan menjadi perhatian lantaran pelaksanaan program perlindungan bagi pekerja rentan melalui Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran dan pekerja ojek online.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan GN Lingkaran yang digagas pihaknya menjadi salah satu terobosan pemberian perlindungan bagi pekerja rentan, yang jumlahnya cukup tinggi di Indonesia. Jumlah pekerja rentan yang telah dilindungi oleh GN Lingkaran, menurut Agus, saat ini telah mencapai 300.000 orang di seluruh Indonesia.

“Para pekerja rentan ini tidak mampu untuk ikut perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Karena itu kami mengembangkan sistem crowdfunding untuk donasi pembayaran iuran kepesertaan mereka dengan memanfaatkan dana CSR atau sumbangan individu,” kata Agus dalam pertemuan OECD dan ISSA di Berlin, Jerman, Senin (12/6).

Agus juga menekankan urgensi perlindungan jaminan sosial bagi Ojek Online di hadapan forum ISSA dan menyebut bahwa jenis ekonomi baru yang satu ini memiliki risiko pekerjaan yang tinggi.

“Ojek Online sangat rawan terkena dampak sosial ekonomi apabila mengalami risiko kerja. Kami berusaha terus menjadikan mereka peserta melalui pendekatan komunitas. Saat ini sudah lebih dari 20.000 pekerja ojek online terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,di seluruh Indonesia, ujar Agus.

Selain itu, banyak kebijakan pemerintah yang diapresiasi dunia. Berikut kebijakannya seperti dirangkum merdeka.com:



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply