Disesalkan, Penyesuaian TDL Minim Sosialisasi



RMOLJabar. Kebijakan pemerintah menyesuaikan subsidi tarif dasar listrik (TDL) bagi pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA sangat disesalkan, sebab kebijakan itu amat minim sosialiasi.

“Di mana-mana masyarakat menjerit akibat kenaikan TDL. Mereka kaget biaya listriknya tiba-tiba naik tanpa adanya sosialisasi dari pihak pemerintah maupun PLN. Sungguh sangat disayangkan,” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Syaikhul Islam Ali kepad wartawan di Jakarta, Selasa (13/6).

Dia mengatakan, seharusnya pemerintah bisa menugaskan kementerian terkait semisal Kementerian ESDM dan PLN untuk melakukan sosialisasi tersebut kepada masyarakat luas.

“Pemerintah bisa menugaskan PLN untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat, tapi PLN tidak sosialisasikan kenaikan TDL itu. Padahal, tujuan penyesuaian tarif dibuat bertahap adalah memberikan waktu kepada PLN untuk melakukan sosialisasi,” jelas Syaikhul.

Syaikhul menambahkan, Komisi VII telah sepakat dengan Kementerian ESDM bahwa hanya memberikan subsidi bagi pelanggan listrik yang berhak.

“Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa akan menyampaikan pada pemerintah untuk mengkaji kembali soal penyesuaian tarif untuk pelanggan 900 VA, karena kebanyakan adalah kategori warga yang rentan miskin,” tandas politisi PKB tersebut. [bon/rmol]  



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply