Hari Ini KPU Launching Peraturan KPU Tentang Tahapan Pilkada



RMOLJabar. Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh KPU dan Pemprov Jabar karena telah mendukung penuh berbagai hal yang telah dirancang oleh KPU Jabar.

“KPU Jabar menjadi KPU provinsi pertama yang ajuan anggaran untuk pemilihan kepala daerahnya itu disetujui dan di respon cepat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Arief Budiman di Clove Garden Hotel, Bandung, Selasa, (14/6) malam.

Arief berharap langkah yang telah dilakukan KPU dan Pemprov Jabar dapat menjadi referensi daerah lain. Bahwa proses dalam Pilkada itu mudah, cepat dan tidak perlu ada yang direpotkan.

“Besok (14/6) KPU RI akan melaunching secara resmi peraturan KPU tentang tahapan, maka sejak saat itu 171 daerah bisa mempedomani itu sebagai bagian dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” ungkapnya.

Launching peraturan KPU tentang tahapan Pilkada ini rencananya akan di gelar di Jakarta. Serta akan dihadiri oleh seluruh KPU provinsi di Indonesia.

Kemudian, tahapan dari Pilkada baru akan dilaksanakan sekitar bulan September 2017. Namun, sebelum tahapan itu dimulai, maka setiap daerah harus sudah mulai mempersiapkan banyak hal mulai saat ini, seperti regulasi, anggaran, dan personil.

“Maka apa yang dilakukan oleh KPU Jawa Barat saat ini bagian dari persiapan itu,” jelasnya.

Arief menambahkan, dalam pemilihan kepala daerah ada tiga tahapan yang akan dilalui, yakni mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.

“Nah, rapat pimpinan yang dilakukan oleh KPU Jawa Barat adalah bagian dari tahapan persiapan itu,” pungkasnya. [bon]



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply