Pelindo jamin penumpang transit nyaman menunggu kapal


ilustrasi:Pelabuhan Teluk Nare Sejumlah kapal cepat (speedboat) bersandar di pelabuhan Teluk Nare, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Minggu (4/6/2017). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi) ()

Makassar (ANTARA News) – Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo IV Cabang Makassar Alif Abadi mengatakan, pihak Pelindo menjamin penumpang transit nyaman dan aman menunggu kapal lanjutan.

“Mereka yang transit itu nanti dijamin akan mendapatkan layanan yang baik, mulai dari buka puasa akan mendapatkan takjil dan makanan, begitu pula saat sahur,” kata Ali di sela-sela kegiatan buka puasa bersama di Kantor Pelindo 4 Makassar, Selasa.

Menurut dia, para penumpang yang umumnya dari area Kalimantan tujuan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), umumnya transit di Pelabuhan Makassar untuk melanjutkan pelayaran berikutnya ke daerah tujuannya.

Pada connecting (penghubungan) kapal berikutnya, lanjut dia, biasanya ada yang selisih jam bahkan harus rela bermalam untuk menunggu kapal berikutnya pada hari lain.

Berkiatan dengan hal itu, lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah posko termasuk posko layanan kesehatan berkerja sama dengan instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan dan kepolisian setempat.

“Posko itu dibuka mulai H-15 hingga H+15 dan pelaksanaannya sudah dilakukan sejak 10 Juni 2017,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Otoritas Pelabuhan Makassar diketahui, jumlah armada yang akan melayani arus mudik ke wilayah timur dan barat Indonesia melalui Pelindo 4 Makassar sebanyak 23 unit.

Penyelenggara armada laut itu adalah PT Pelni, PT Prima Vista, PT Darma Lautan Nusantara dan kapal Perintis. Sedangkan pemantauan arus mudik penumpang di Pelabuhan Makassar, hingga kini belum intensif, karena diprediksi baru terjadi pada H-7, H-5 dan H-4 Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

(T.S036/T007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply