Pemudik bakal membeludak, keamanan Pelabuhan Makassar diperketat



Merdeka.com – Jumlah pemudik di Pelabuhan Makassar tahun ini diprediksi naik sebanyak enam persen dari jumlah penumpang tahun lalu sebesar 107.909. Menghadapi musim mudik tahun ini, PT Pelindo IV (Persero) kini sedang membenahi dan menyiapkan berbagai fasilitas antara lain ruang menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat mengisi baterai telepon genggam, air kran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet yang senantiasa bersih dan musala.

“Saat ini sejumlah fasilitas dibenahi demi kenyamanan pemudik. Juga mempersiapkan posko angkutan laut Lebaran yang tidak hanya untuk menunjang kenyamanan tetapi juga keamanan,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung kepada wartawan, Makassar, Selasa (13/6).

Diprediksi lonjakan penumpang arus mudik di Pelabuhan Makassar akan dimulai H-20 Lebaran. Pihaknya sudah membuka posko sejak Kamis (8/6).

Keamanan akan diperketat dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. Tim pengamanan termasuk Kepolisian yang akan melakukan pengawasan dan tidak akan membiarkan penumpang berdesak-desakan.

Fasilitas pendukung lain, ada kamera CCTV yang akan memonitoring semua pergerakan penumpang dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal. Pemasangan CCTV sebanyak 9 titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PKL dan tidak ada lagi pedagang asongan yang berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang kini lebih terjamin.

“Semua fasilitas pendukung yang kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang kapal, juga sebagai bagian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi bila nanti terjadi penundaan pemberangkatan karena kendala teknis. Bila ada penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan kapal dan memiliki keterbatasan biaya, bisa memilih untuk menginap di pelabuhan. Terminal penumpang di sini berkapasitas 4.000 penumpang,” jelasnya. [cob]



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply