Presiden Jokowi: Pasar Tradisional Siap Bersaing dengan Mall



Presiden Joko Widodo meresmikan salah satu Pasar Rakyat Manis Purwokerto, 4 Mei 2016. Dalam peresmian tersebut, Presiden Joko Widodo berpesan bahwa Pasar Rakyat saat ini berpeluang memenangkan persaingan dengan mall dan supermarket karena mampu menyediakan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah.

source

44 Komentar

  1. Pasar rakyat sekarang seperti "kutil" ditengah dikelilingi toko, pintunya kecil, gelap, sempit banyak los kosong. kami butuh "pasar lapangan" yang luas, terbuka, los tidak dikuasai orang, parkir ditengah luas, pintu 6mtr tidak buat jualan, penjualnya petani "gurem", produsen "gurem", pedagang "gurem" yang tidak kuat beli los/kios, kalau sewaharian pasti mau bayar.

  2. Yang Terhormat Bapak Jokiwi Seharusnya Hukum Di Negri Indonesia Lebih Kuat Seperti Korupsi Hukum Mati Pengedar Narkoba Pembunuhan Berencana PemerkosaanPembunuhan Tolong Dengarkan Suara Kami Yang Terhormat Bapak Joko Widodo Selaku Presiden Indonesia

  3. assalamualaikum,
    kulo nuwun bpk presidenku,
    saya punya sedikit masukan nggih pak.
    saya masih awam.. sangat awam ttg pasar, saya hanya melihat realita disekitar saya saja yg saya tau nggih pak. begini pak setahu saya pasar itu setelah diresmikan ada yg kembali seperti kebiasaan lama, contoh kecil kotor, becek, penataan yg alakadarnya dll. itu yg saya tau saja kalaupun semakin maju alhamdullilah. maksud saya alangkah baiknya setelah diresmikan bapak memilih bberapa orang untuk memanagement pasar tersebut agar bisa selalu tertata dan bisa bersaing dengan mall.. contoh kecil seperti pelayanan yang ramah, penataan selalu rapi, promo" mungkin, memakai seragam bila memungkinkan, jurus" jitu berwirausaha atau apa saja yang intinya memajukan pedagang tsb.. mungkin para pedagang sudah pintar, namun saya yakin akan lebih maju lagi jika mereka ditraining lebih dalam. cara berbisnis seperti apa. mungkin akan sangat menyenangkan sekali mencari rezeki sambil belajar mengembangkan bisnisnya. diibaratkan pasar itu sekolah maka harus ada gurunya yg mengaturnya, melatihnya. agar tidak kembali ke kebiasaan lama. matur nuwun bpk jokowi pasar e sae sanget, salam saking kula nggih, sehat selalu bapak presidenku.

  4. Pak Jokowi, boleh sumbang ide ya?
    Tujuan persaingan Pasar Tradisional dengan Mall adalah agar masyarakat menerima harga terbaik, produk terbaik dan layanan terbaik.
    Semakin tingginya kebutuhan hidup di kota manapun menjadi masalah di semua belahan indonesia.
    Mungkin bisa dimulai dari Jakarta sebagai program model, departemen terkait mengumpulkan hasil bumi dari:
    Petani, Nelayan, Pengkebun, Peternak dan lain lain lalu disalurkan ke Pasar Murah Negara di seluruh Indonesia.
    Bulog dicuci bersih dan disambung rantai kerja ke Pasar Murah Negara.

    Bersinergi dengan hal di atas tadi, ke depannya seluruh kota di belahan Indonesia manapun.
    Tata Ruangnya di ulang tata dengan metode sistem area atau distrik.
    Penentuan Distrik dengan jarak area yang dapat ditempuh antara 30 sampai 45 menit ke kebutuhan hidup apapun.
    Maka salah satunya adalah Pasar Murah Negara ini yang hadir tertata rapi oleh pemerintah di lahan milik pemerintah di setiap rencana distrik di atas tadi.

    Kalau di daerah yang sudah padat sudah susah mengatur tata ruang tersebut,
    buat di area yang baru, dimulai dari pemerintah menyediakan infrastruktur, jalan, air, listrik, telepon, internet dan lain lain.
    Disusul dengan sekolah, puskesmas atau rumah sakit, Pasar Murah Negara dan lain lain.
    Susun semua elemen tersebut berada dalam daerah distrik sesuai rencana di atas.
    Sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan kendaraan apalagi terlalu jauh berkendara.

    Pasar Murah Negara dapat berperan menjadi pengendali harga supermarket.
    Pasar Modern seperti supermarket tidak akan mati karena akan tetap eksis bagi mereka yang memilih gaya hidup karena AC.
    Namun Pasar Murah Negara eksis untuk siapapun dan kalangan manapun yang menginginkan harga murah dan kualitas lokal terbaik.
    Dengan demikian juga para Produsen tersebut dapat menyalurkan produknya dengan baik karena fungsi negara berjalan memastikan dagangannya laku.
    (dengan anggapan Fungsi Negara berjalan semestinya)

    Semoga berguna, jika tidak terimakasih telah mendengarkan. Bila ada yang salah mohon dimaklumi, terimakasih.

Leave a Reply