Prof Obsatar Sinaga: Efek Jakarta Akan Terasa di Pilgub Jabar



RMOLJabar. Pakar Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof Dr H Obsatar Sinaga, mengajak kepada seluruh masyarakat di Jawa Barat (Jabar), yang tidak lama lagi menghadapi pesta demokrasi Pilgub Jabar 2018. Agar menjadikan Pilgub DKI Jakarta menjadi sebuah pelajaran penting untuk masyarakat.

Dia memprediksi, kondisi Pilgub Jabar mendatang tidak akan jauh beda dengan DKI Jakarta. Pasalnya, efek Pilgub di Jakarta hingga kini masih terasa.

“Sepertinya, isu yang sama di Jakarta akan dibawa ke Jabar, jadi Pilgub DKI kemarin sebagai latihan masyarakat Jabar, jangan terulang,” katanya, seusai menjadi pembicara kajian berdemokrasi dan berpolitik, yang diselengarakan oleh Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia Organisasi Daerah (ICMI ORDA Purwakarta), pada Selasa (13/6).

Dia mencontohkan, isu yang dibawa dari Jakarta ke Jawa Barat itu akan dimunculkan kembali seperti, rasisme, sukuisme, agama.”itu akan menular, tapi enggak mungkin diluar agama Islam bisa jadi Gubernur Jawa Barat,” ujarnya.

Namun dirinya juga memberikan kiat-kiat untuk masyarakat yang nanti memilih calon Gubernur Jabar, yang mengantikan Ahmas Heryawan.”Pilihan yang punya tingkat kehirauannya tinggi, kemudian punya visi untuk membangun Jabar secara holistik dan tidak sektarian, lalu tidak bersifat materialistis atau uang adalah segalanya,” pungkasnya.[gun]



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply