Penerapan e Tilang, 37 Titik Persimpangan Kota Semarang Terpasang CCTV


BERITA SEMARANG – Ada 37 titik persimpangan di Kota Semarang telah disiapkan kamera CCTV untuk e Tilang yang rencana mulai diterapkan pada 25 September mendatang.

“Penerapan e Tilang CCTV sudah kita persiapkan dengan matang, kita sudah bentuk tim, kita siapkan SDM, dan telah kita sosialisasikan,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi usai Diskusi Prime Topic yang digelar Sindo Trijaya FM Semarang, dengan tema ‘Efektifkah Tilang CCTV’, di Hotel Pandanaran Semarang, Senin (18/9/2017).

Penerapan e Tilang CCTV menurutnya telah disepakati dalam rapat koordinasi yang digelar pada 9 September lalu dengan tahapan sosialisasi kepada masyarakat yang dimulai dari 9 hingga 24 September 2017.

Namun tanggal efektif diberlakukannya e Tilang CCTV sendiri mulai 25 September, bagi kendaraan  yang melanggar akan dilakukan tindakan. “Ini adalah penegakan hukum yang merupakan upaya pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pemasangan kamera CCTV pada sejumlah persimpangan di Kota Semarang menjadi bukti bahwa ada keseriusan dalam menjunjung tinggi tertib berlalu lintas.

Pihaknya juga telah mengedukasi kepada masyarakat terkait pengawasan lalu lintas dengan kamera CCTV yang nanti jika melanggar akan dikenai e-Tilang. 

“Dengan penerapan e Tilang CCTV kenyamanan berkendara bagi masyarakat Kota Semarang bisa terwujud,” imbuh Ardi. 

Ardi jelaskan, e-Tilang merupakan sebuah cara baru dalam melakukan penegakan hukum di jalan raya. E Tilang adalah sebuah jawaban untuk menuju reformasi birokrasi pemerintah yang sudah dijalankan kurang lebih 9 bulan di Kota Semarang, yang penindakannya dikembangkan dengan cara memanfaatkan CCTV di setiap persimpangan jalan.

“Kalau pelanggarnya ada 10 dan petugasnya hanya satu, mungkin hanya satu yang ditindak. Namun dengan CCTV tentu semuanya bisa ditindak,” kata Ardi.

Ardi berharap dengan penerapan e Tilang CCTV, maka efektifitas penegakan hukum menjadi maksimal dan mampu memberi efek jera kepada masyarakat untuk lebih tertib di jalan raya.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan masyarakat. Kepastian hukum harus kita laksanakan,” tandasnya. (Nining)

Biro Semarang

The post Penerapan e Tilang, 37 Titik Persimpangan Kota Semarang Terpasang CCTV appeared first on BeritaEkspres.com.



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply