Sekda Iwa: Begini Kronologis Akan Dibangunnya UIII di Depok


Jawa Barat – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa menyebut, pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kota Depok merupakan ide besar yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Karena, kata Iwa, Indonesia merupakan negara yang penduduknya paling banyak menganut agama Islam, sehingga UIII ini diharapkan menjadi pusat pendidikan Islam berskala dunia.

“Ini merupakan salah satu ide besar Presiden Jokowi, diharapkan indonesia yang umat islam paling banyak di dunia tentu logis dan sangat wajar ada pusat pendidikan islam internasional, bukan hanya di mesir,” ujar Iwa usai menggelar rapat pembahasan mengenai dampak sosial pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), di Ruang Rapat Ciremai Gedung Sate Bandung, Kamis (7/12).

Diceritakan Iwa, proyek pembangunan ini di kordinir oleh Wakil Presiden yakni Jusuf Kalla, dan secara teknis di eksekusi oleh Menteri Agama melalui Kementeriannya.

“Oleh karena itu dikoordinir oleh wapres mendirikan UIII, secara teknis karena menyangkut Universitas Islam maka yang mengkoordinir adalah Kemenag,” katanya.

Sehingga pada waktu itu, rapat yang dilakukan oleh Wapres memutuskan bahwa tanah yang akan menjadi tempat dalam pembangunan tersebut adalah tanah negara, dalam hal ini tanah RRI dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

“Dalam rapat waktu itu oleh Wapres diputuskan menggunakan tanah negara, dalam hal ini RRI dari Kemkominfo, proses serah terima dari Kementrian Komunikasi kepada Kemenag disaksikan kepala BPN sudah dilaksanakan,” ujarnya.

Selanjutnya kata Iwa, ketika dilakukan inventarisasi ternyata tanah seluas itu ada sebagaian kecilnya tanah yang ditempati oleh masyarakat, maka perlunya dibentuk tim untuk penyelesaian tanah ini.

“Pemprov sesuai dengan ketentuan Perpres, tim ini harus dibentuk dalam bentuk keputusan Gubernur dimana penanganan ini  di dalamnya, ada tim pengarah yakni Sekda Jabar, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Kejati,  Wali Kota Depok, dan Kanwil BPN Jabar,” terang Iwa.

Untuk kontruksi bangunannya sendiri itu kewenangan pusat yang menjalankan, Pemprov Jabar sendiri membantu menyelesaikan dampak sosial karena sebagian aset bangunan tersebut ditinggali masyarakat.

“Penanganan harus kondusif apalagi situasi sekarang, perlu ada beberapa payung hukum yang harus diselesaikan, dan pembangunan masuk proyek strategis nasional,” pungkasnya. [bon]

Posting Sekda Iwa: Begini Kronologis Akan Dibangunnya UIII di Depok ditampilkan lebih awal di Website Resmi Dr. H. Iwa Karniwa SE.Ak.,MM.,CA.,PIA.



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply