Sekda Iwa: Begini Lika-Liku Pembangunan Tol Soroja


Jawa Barat – Jalan tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) secara resmi sudah bisa beroperasi dan digunakan oleh masyarakat. Jalan tol sepanjang 10,57 Km itu bisa membawa masyarakat Kota Bandung menuju Kabupaten Bandung selama 10 menit.

Namun tentu, jalan tol yang pembangunannya ini membutuhkan puluhan tahun akhirnya bisa diselesaikan di tahun 2015 saat pemerintahan Jokowi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa menceritakan, proses pembangunan jalan tol ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang, dan alhamdulillah konsistensi dari pemerintah pusat khususnya Presiden sangat tinggi, yang pada akhirnya jalan tol ini bisa beroperasi pada akhir tahun ini.

“Saya sebagai aparat dari Presiden sebagai Sekda Jawa Barat bahu-membahu membantu sesuai dengan kewenangannya khususnya yang menyangkut berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat bersama bupati kabupaten bandung, satu persatu kita selesaikan tanah wakaf, mesjid dan pembebasan lahan dan yang lain sebagainya terkait dengan hal itu Alhamdulillah sudah diselesaikan,” ujar Iwa saat menceritakan proses pembangunan tol soroja kepada wartawan RMOLJabar, Selasa (5/12).

Sehingga dengan demikian proses pembangunan bisa berjalan dengan baik walaupun beberapa kali ada hambatan, baik itu hambatan karena diluar kendali manusia yaitu cuaca maupun hambatan hubungan manusia.

“Dengan perjalanan yang begitu panjang dan susah, alhamdulillah berkat kebersamaan, ketekunan dan juga informasi yang jelas kepada masyarakat termasuk dukungan media massa memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu arti fungsi dari jalan tol ini sehingga dengan demikian ini kita bisa bersama-sama selesaikan dibawah kordinasi pemerintah pusat dan saya membantu sepenuhnya,” jelasnya.

Selanjutnya kata dia, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi, Menteri PUPR, dan juga kepada masyarakat yang terkena dampak yang sukarela melepaskan tanah tersebut.

“Dan khusus kepada Bupati, DPRD Kabupaten Bandung, dan juga DPRD Provinsi Jawa Barat dan semua unsur terkait dan alhamdulillah jalan tol ini diresmikan,” pungkasnya. [bon]

Posting Sekda Iwa: Begini Lika-Liku Pembangunan Tol Soroja ditampilkan lebih awal di Website Resmi Dr. H. Iwa Karniwa SE.Ak.,MM.,CA.,PIA.



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply