Kemitraan ASEAN dan AS Harus Tingkatkan Kesejahteraan Dunia


Presiden Joko Widodo berharap kemitraan strategis ASEAN dan Amerika Serikat (AS) dapat lebih memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia. Mengingat kemitraan strategis ASEAN dan AS meliputi sejumlah bidang, mulai dari politik, keamanan, hingga perekonomian.

Harapan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-AS, yang digelar Senin, 13 November 2017, di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina.

“Bagi ASEAN, Amerika Serikat merupakan salah satu mitra penting kita. Saya yakin Amerika Serikat juga memandang penting ASEAN, baik dengan alasan politik, keamanan, maupun dalam kaitan dengan kerja sama ekonomi,” ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut menurut Presiden Jokowi, ASEAN juga memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan kawasan lain. Dengan penduduk sekitar 640 juta jiwa, kawasan yang cukup stabil, dan pertumbuhan ekonomi rata-rata diatas pertumbuhan ekonomi dunia, maka ASEAN akan dapat menjadi mitra strategis AS.

“Saya yakin Presiden Trump akan melihat kerja sama ekonomi dalam konteks yang lebih luas dengan hasil win-win cooperation,” ungkap Presiden.

Video The 5th ASEAN-U.S. Summit to Commemorate the 40th Anniversary ASEAN-U.S. Dialogue Relations, Manila, 13 November 2017



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply