Ancam Aksi Lebih Besar, Sidang Penetapan Upah Kota Bekasi Deadlock


BERITA BEKASI – Ratusan yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Kota Bekasi dan elemen buruh lainnya melakukan aksi pengwalan sidang upah minimum sektoral Kota Bekasi tahun 2018, Selasa (14/11/2017) kemarin di depan kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi.

Dalam orasinya buruh menuntut kepada dewan pengupahan agar menetapkan upah layak sektoral 2018 yang berpihak pada buruh dan tidak menetapkan upah karena tekanan dari pengusaha.

“Kami GSBI Kota Bekasi dan serikat buruh lainnya menuntut kepada dewan pengupahan Kota Bekasi agar segera menetapkan Upah Sektoral Kota Bekasi tahun 2018 yang berpihak kepada buruh dan agar dalam mengambil keputusan dewan pengupahan kota (DEPEKO) Bekasi yang berkeadilan dan bukan karena kepentingan pengusaha,” teriak Supriayanto dalam orasinya.

Ditengah guyuran hujan dan kondisi jalanan macet disekitaran Jalan Ahmad Yani ratusan buruh tetap bertahan dan menunggu hasil sidang pengupahan sektoral antara serikat buruh, Apindo serta dari unsur perwakilan Pemerintah Kota Bekasi. 

“Karena selama ini Pemerintah Kota Bekasi tidak pernah berpihak kepada buruh dan hanya mau menuruti kepentingan pengusaha dalam merumuskan dan menetapkan upah sektoral dan buruh selalu dijadikan komoditas politik menjelang Pilkada saja, namun ketika buruh menuntut upah layak mereka diam,” lanjut Supriyanto.

Setelah melakukan sidang dari siang hingga menjelang sore sekitar pukul 17.30 WIB antara pihak Apindo, Pemerintah dan serikat buruh di kabarkan bahwa sidang tersebut deadlock tanpa menghasilkan keputusan apapun dan akhirnya sidang penetapan UMSK Kota Bekasi tahun 2018 akan dilanjutkan pada tanggal 20 November 2018 dan tanggal 20 tersebut sebagai batas akhir penetapan upah sektoral dan pada tanggal 21 November seluruh UMK/UMSK se-Jawa Barat akan di tanda tangani oleh Gubernur Jawa Barat.

“Hari ini sidang deadlock tanpa ada keputusan apapun,dan kita akan turun aksi lagi pada tanggal 20 November, kita akan kerahkan massa aksi lebih besar lagi, semua kembali kerumah masing-masing lagi,” teriak supriyanto diatas mobil komando GSBI.

Aksi itu, sempat memacetkan arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani yang akhirnya ratusan buruh membubarkan diri setelah mendapat intruksi dari atas mobil komando. (Edo)

The post Ancam Aksi Lebih Besar, Sidang Penetapan Upah Kota Bekasi Deadlock appeared first on BeritaEkspres.com.



Source link

Be the first to comment

Leave a Reply