KPK dan KNPI Ajak Pemuda Budidayakan Ternak Ikan Air Tawar


BERITA JAKARTA – Demi menunjang masa depan yang lebih cemerlang, pemuda di zaman kekinian harus memiliki keahlian potensial. Sadar akan hal tersebut, Komunitas Petani Kota (KPK) dan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bekasi pun menghelat pelatihan budidaya ternak ikan air tawar di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kementerian Kelautan dan Perikanan selama dua hari yakni, Rabu-Kamis, 10-11 Januari.

Ketua KPK Kota Bekasi A Lohil mengatakan, pelatihan budidaya ikan air tawar ini diperuntukan khusus pemuda Kota Bekasi. Tujuannya jelas, untuk menambah keahlian pemuda yang hari ini belum memiliki kesempatan bekerja di bidang apapun.

“Kami bekerjasama dengan DPD KNPI Kota Bekasi dalam menghelat pelatihan tersebut. Alhamdulillah sedikitnya 14 pemuda-pemudi berhasil kami jaring dalam pelatihan ini,” kata Lohil kepada Beritaekspres.com, Sabtu (13/1/2018).

Menurutnya, pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah keahlian para pemuda di bidang budidaya peternakan ikan air tawar. Khususnya bagi anggota KPK itu sendiri. Karena KPK memang konsen dalam bidang ini selain juga konsen di bidang pertanian. “Dalam waktu dekat kami akan membuat laboratorium budidaya ikan air tawar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Bekasi Beny Surya mengaku memiliki tanggungjawab untuk turut mencerdaskan pemuda. Ketika diajak untuk dapat andil dalam pelatihan ini, pihaknya langsung mengiyakan dan menyetujui. “Saya sendiri turut serta menjadi peserta pelatihan tersebut. Kami sadar hal ini sangat bermanfaat bagi saya dan pemuda umumnya,” kata pemuda yang akrab disapa Cole.

Terpisah, Kabid Budidaya Air Tawar BBPBAT Carlos mengatakan, BBPBAT Sukabumi ini merupakan satu-satunya balai besar air tawar se-Indonesia yang dimiliki Kementerian Kelautan dan Perikanan. Adapun jenis ikan air tawar tersebut adalah, gurami, nila, mujair, mas, lele, koi, patin siam, baung, nilem, dan grass carp. “Jadi, yang datang kesini untuk magang, praktek, serta pelatihan datang dari penjuru sabang sampai merauke,” tandasnya.

Sedangkan pelatihan yang diterima kepesertaan dari Kota Bekasi kata dia, yakni pemijahan indukan, peneluran dengan cara penyuntikan, rumusan campuran vitamin, budidaya ikan lele intensif dengan sistem bioflok, serta pelatihan budidaya cacing alus. (Edo)

The post KPK dan KNPI Ajak Pemuda Budidayakan Ternak Ikan Air Tawar appeared first on BeritaEkspres.com.



Source link

Tinggalkan Balasan